Rangkaian dasar dot matrik

 


 [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]



1. Tujuan [kembali]

    1.Memahami mengenai rangkaian dot matrik dan prinsip kerjanya
    2.Dapat membuat rangkaian dot matrik

2. Dasar Teori [kembali]
Dot matrix adalah susunan titik-titik dua dimensi yang digunakan untuk menampilkan karakter-karakter, simbol atau gambar. Dahulu dot matrix digunakan pada printer-printer tua dan banyak perangkat tampilan digital. Pada printer, titik-titik tersebut adalah daerah yang diredupkan. Sedangkan pada display, titik-titik tersebut adalah daerah yang bercahaya. Sebagaimana pada LED atau CRT display cara kerjanya titik-titik yang sebelumnya mati, bercahaya sesuai sesuai obyek yang diinginkan.


3. Komponen [kembali]

    1. ATMEGA32



    2. Crystal
 
   3. Capasitor

    4. Dot Matrix 5x7

    5. Resistor


    6. Button



4. Rangkaian Simulasi [kembali]



Kaki reset pada AT Mega berguna untuk mengulangi proses pembacaan program pada AT Mega, (AT Mega terlebih dahulu diberi program yang sudah dibuat di CV AVR).
Kaki XTAL1 dan XTAL2 dihubungkan ke crystal yang gunanya untuk memberikan clock ekstenal yang stabil nilainya.
dan kaki kaki pada PORT B dan PORT C digunakan sebagai output yang akan ditampilkan ke DOT Matrix 5x7.
        Jadi rangkaian tersebut sudah diisi dengan program untuk menampilkan angka desimal dimulai dari 9 sampai 0, dan setelah sampai ke 0 akan terjadi looping, mengulang dari angka 9 lagi.

5. Video [kembali]


6. Listing Program[kembali]

#include <mega32.h>
#include <delay.h>
#include <string.h>

unsigned int i,j,x,y,z;
unsigned int angka;
char urut;
char kolom[7];

//Baris = PORTB
//KOLOM = PORTC

void nyala_led()//fungsi untuk menyalakan baris
     if (angka==0)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x3E);}
      if (urut==1){urut=~(0x51);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x45);}
      if (urut==4){urut=~(0x3E);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}   
      }
    
     else if (angka==1)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x00);}
      if (urut==1){urut=~(0x21);}
      if (urut==2){urut=~(0x7F);}
      if (urut==3){urut=~(0x01);}
      if (urut==4){urut=~(0x00);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==2)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x27);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x31);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
    
      else if (angka==3)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x22);}
      if (urut==1){urut=~(0x41);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x36);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==4)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x0C);}
      if (urut==1){urut=~(0x14);}
      if (urut==2){urut=~(0x24);}
      if (urut==3){urut=~(0x7F);}
      if (urut==4){urut=~(0x04);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
  
      else if (angka==5)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x72);}
      if (urut==1){urut=~(0x51);}
      if (urut==2){urut=~(0x51);}
      if (urut==3){urut=~(0x51);}
      if (urut==4){urut=~(0x4E);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==6)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x1E);}
      if (urut==1){urut=~(0x29);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x46);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
    
      else if (angka==7)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x41);}
      if (urut==1){urut=~(0x42);}
      if (urut==2){urut=~(0x44);}
      if (urut==3){urut=~(0x48);}
      if (urut==4){urut=~(0x70);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==8)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x36);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x36);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
      
      else if (angka==9)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x30);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x4A);}
      if (urut==4){urut=~(0x3C);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
}

void main(void)
{
PORTA=0x00;
DDRA=0x00;

PORTB=0x00;
DDRB=0xFF;

PORTC=0x00;
DDRC=0xFF;

PORTD=0x00;
DDRD=0x00;

y=0;
PORTC=~(0xFE);

while (1)
                    
{
angka=9;
kolom[0]=~(0xFE); 
kolom[1]=~(0xFD);
kolom[2]=~(0xFB);
kolom[3]=~(0xF7);
kolom[4]=~(0xEF);
kolom[5]=~(0xDF);
kolom[6]=~(0xBF);
kolom[7]=~(0x7F);

for (z=0;z<10;++z)
{
  //for (x=0;x<10;++x) //untuk menggeser (non aktif)
  //{   
    for (i=0;i<100;++i)
    {
    y=x;
        for (j=0;j<8;++j)
        {
        //angka=0;
         PORTC=kolom[j];
         urut=y;
         nyala_led();
         PORTB=urut;
         delay_ms(1);
         y=y+1;
        //PORTC=kolom[j+1];     
            if (y==8)
            {
            y=0;
            }       
        }
    PORTC=~(0xFE);
    }
   //}
//PORTB=0xFF;
angka=angka-1;
delay_ms(1000);
  };
 }
}

7. Link Download [kembali]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar